Miliki Pasukan Khusus, Militer Filipina Janji Bebaskan WNI yang Disekap Abu Sayyaf

Having Special Forces, Philippine Military Promises to Free the Captured Citizens Captured by Abu Sayyaf

Foto Komandan Daerah Militer Barat Mindanao, Letnan Jenderal

Militer Filipina berjanji untuk membebaskan warga negara yang ditangkap oleh Abu Sayyaf

Pernyataan disampaikan angkatan bersenjata Filipina soal tiga warga negara Indonesia (WNI) yang disekap oleh kelompok bersenjata Abu Sayyaf di Mindanao bahwa mereka terus berusaha untuk membebaskan para tawanan. Upaya itu dilakukan dengan terus melakukan operasi militer guna memburu penyandera.

Dilansir dari Philippine Star, Kamis (28/11), Komandan Daerah Militer Barat Mindanao, Letjen. Cirilito Sobejana bertempat di kantornya di Zamboanga mengatakan pihaknya ingin membebaskan tiga WNI yang menjadi tawanan Abu Sayyaf. Namun prajuritnya lebih dulu menemukan pasangan Allan Hyrons dan Wilma, yang juga tawanan Abu Sayyaf yang kini telah bebas.

Sobejana menyatakan hal tersebut saat bertemu dengan KOnsul Jenderal Republik Indonesia. Dia menyebut, pasangan suami istri asal Inggris dan Filipina itu berhasil ditemukan tentara Filipina di Parang, Sulu. Keduanya disekap selama dua bulan oleh kelompok Abu Sayyaf dan diselamatkan setelah pasukan Filipina terlibat kontak senjata dengan kelompok milisi selama berjam-jam.

Sobejana menambahkan, operasi penyelamatan sandera masih terus dilakukan. Kami mempunyai pasukan yang khusus ditugaskan untuk membebaskan dengan selamat tiga warga Indonesia,” ujarnya.

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta bantuan kepada Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, untuk membebaskan tiga WNI yang disekap oleh Abu Sayyaf. Pada 24 September 2019 lalu, tiga nelayan WNI, yakni Maharudin Lunani (48), Muhammad Farhan (27), dan Samiun Maneu (27) disandera oleh kelompok teroris Abu Sayyaf saat sedang melaut dan memancing di Pulau Tambisan, Lahad Datu, Sabah.

Baca lebih banyak artikel terkait tentang Politik: https://www.indonesianupdates.com/category/international/

Ikuti kami di Facebook dan tetap up to date dengan konten terbaru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *