MotoGP Akan Mengaspal Di Indonesia Tahun 2021

Setelah lama beredar kabar bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah MotoGP, akhirnya Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) atau juga bisa disebut PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia memberi kabar telah menanda tangani kontrak dengan pihak Dorna Sport, pemilik dari MotoGP, pada Januari lalu.

ITDC sempat bersaing dengan Brazil hingga akhirnya mendapatkan giliran untuk menggelar event ini di tahun 2021. ITDC mengaku siap untuk menyediakan venue dan membangun sirkuit yang sesuai.

Kabarnya, MotoGP akan diselenggarakan di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Untuk itu pihak ITDC membangun kerjasama dengan Vinci Construction and Grand Projects, sebuah perusahaan infrastruktur asal Perancis, untuk membangun sirkuit.

Presiden Diruktur dari ITDC, Abdulbar, mengatakan bahwa mereka tidak akan membangun sirkuit tertutup, melainkan Street Race Circuit layaknya di Singapura dan Monaco. Beliau juga menjelaskan bahwa Indonesia akan menjadi venue ke-21 dari seluruh rangkaian balap MotoGP dengan satu-satunya yang memiliki konsep Street Race Circuit. Abdulbar juga mengabarkan bahwa sirkuit akan mulai dibangun pada kuartal ketiga tahun ini, pembangunan tersebut akan memakan waktu selama setahun.

Event ini mendapatkan dukungan dari Kementrian Olahraga dan juga Kemetrian Pariwisata. Pasalnya, Indonesia juga berkesempatan untuk mempromosikan Mandalika sebagai salah satu pulau di Bali Baru.

Nantinya sirkuit tersebut akan memiliki lintasan sepanjang 4,32 kilometer dengan 18 tikungan. Desain tersebut sudah disetujui oleh pihak Dorna.

Berbicara mengenai dana untuk membangun sirkuit ini, Abdulbar mengatakan setidaknya membutuhkan USD 40 – 50 (sekitar 562 – 703 miliar rupiah). Kabarnya pendanaan tersebut didapatkan dari Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB). Mereka memprediksikan akan ada setidaknya 400 juta penonton yang akan memenuhi venue.

ITDC berharap agar sirkuit ini dapat rampung dalam waktu kurang dari 2 tahun. Beberapa rangkaian trial run maupun event uji coba lainnya juga akan diadakan oleh Dorna setelah sirkuit ini selesai dibangun. Dengan adanya sirkuit ini sebagai salah satu destinasi dari MotoGP, Abdulbar berharap dapat mengembangkan wisata di Mandalika menjadi kelas dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *