New normal, cek persyaratan baru bagi penumpang pesawat penerbangan domestik

Penumpang_pesawat

New normal, cek persyaratan baru bagi penumpang pesawat penerbangan domestik

Semenjak dilonggarkannya pembatasan sosial berskala besar (PSBB), atau memasuki era new normal, maskapai penerbangan sudah mulai kembali beroperasi.

Meski begitu, tetap ada sejumlah syarat dan ketentuan yang harus dipatuhi bagi para penumpang yang akan melakukan perjalanan, seperti tertuang dalam Surat Edaran (SE) Gugus Tugas.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 mengeluarkan Surat Edaran No 7 Tahun 2020 soal syarat dan kriteria perjalanan orang dalam masa adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat yang produktif dan aman COVID-19 yang diteken pada 6 Juni lalu. Surat Edaran ini mengatur syarat orang bepergian ke luar kota di luar wilayah aglomerasi.

Berikut ini rangkuman syarat terbaru yang harus disiapkan para calon penumpang pesawat sebelum penerbangan.

  1. Setiap individu yang melaksanakan perjalanan orang wajib menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan, yaitu pakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan sebagai kriteria perjalanan orang.
  2. Wajib menunjukkan identitas diri (KTP atau tanda pengenal lainnya yang sah).
  3. Menunjukkan surat keterangan tes PCR dengan hasil negatif yang berlaku 7 hari atau surat keterangan rapid test dengan hasil nonreaktif masa berlaku 3 hari pada saat keberangkatan.
  4. Menunjukkan surat keterangan bebas gejala seperti influenza (influenza-like illness) yang dikeluarkan oleh Dokter Rumah Sakit/Puskesmas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas test PCR dan atau Rapid Test.
  5. Mengunduh dan mengaktifkan aplikasi Peduli Lindungi pada perangkat seluler melalui tautan berikut untuk Android, dan tautan berikut untuk iOS.

Maskapai penerbangan Lion Air, Batik Air, dan Wings Air yang tergabung dalam Lion Air Group mengumumkan beberapa perubahan syarat dan ketentuan, termasuk masa berlaku tes Covid-19 yang harus dipenuhi oleh calon penumpang.

Berikut persyaratan terbaru yang perlu diperhatikan dan ditaati bagi calon penumpang penerbangan domestik Lion Air, Batik Air, dan Wings Air:

  1. Uji kesehatan Rapid Test Covid-19 dengan hasil non-reaktif, maka masa berlakunya 14 hari, atau
  2. Uji kesehatan Reverse Transcription – Polymerase Chain Reaction atau RT-PCR Covid-19, dengan hasil negatif, maka berlaku 14 hari, atau
  3. Apabila kedua metode tes di atas (rapid test dan PCR test) tidak tersedia di daerah asal, maka calon penumpang harus mendapatkan surat keterangan bebas gejala seperti influenza (influenza-like illness) dari dokter rumah sakit atau puskesmas.

Selain itu maskapai tersebut mensyaratkan calon penumpang untuk memperhatikan ketentuan umum sebagai berikut:

  1. Tiba lebih awal di terminal keberangkatan. Minimal emapt jam sebelum keberangkatan.
  2. Bawa identitas diri yang sah, seperti KTP, paspor, atau tanda pengenal lain.
  3. Selalu gunakan masker sebelum penerbangan, saat di dalam pesawat hingga mendarat, dan saat kedatangan serta keluar dari bandara.
  4. Menjaga kebersihan diri. Yaitu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer
  5. Mematuhi aturan physical distancing
  6. Menjaga kebersihan di bandara dan selama berada di dalam pesawat.
  7. Mengikuti petunjuk awak pesawat

Baca lebih banyak artikel terkait tentang National:
https://www.indonesianupdates.com/category/nation/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *