Otoritas Turki Tangkap Kakak Perempuan Pemimpin ISIS Al-Baghdadi di Kota Azaz Suriah

Turkish Authority Arrests ISIS Al-Baghdadi’s Elder Sister in Syria’s Azaz City

Foto Penangkapan Otoritas Turki Penatua Adik Al-Baghdadi, ISIS

Otoritas Turki Menangkap Saudari Penatua ISIS Al-Baghdadi

Penangkapan dilakukan otoritas Turki terhadap saudara perempuan dari pemimpin Islamic State of Iraq and Syria (ISIS), Abu Bakr al-Baghdadi, yang tewas dua pekan lalu. Wanita itu ditangkap di kota Azaz, Suriah, pada awal pekan ini.

Dilansir dari Reuters, Selasa (5/1/19), seorang pejabat senior Turki, menuturkan, wanita bernama Rasmiya Awad (65) itu ditangkap dalam sebuah operasi di kota perbatasan Azaz pada Senin (4/11) waktu setempat. Untuk informasi, kota Azaz saat ini dikuasai oleh Turki, meskipun kota itu berada di wilayah Suriah.

Pejabat senior Turki yang enggan disebut namanya itu menyebutkan Awad sedang bersama lima anak saat kemudian ditangkap.

Dia menambahkan, pihaknya berharap untuk bisa mengumpulkan informasi intelijen yang berharga dari saudara perempuan Baghdadi soal cara kerja internal ISIS.

Namun, tidak banyak informasi independen yang muncul soal saudara perempuan Baghdadi ini. Dilaporkan, Reuters tidak mampu melakukan verifikasi segera soal kebenaran identitas Rasmiya Awad yang disebut sebagai saudara perempuan Baghdadi tersebut.

Tidak hanya Awad, otoritas Turki juga menangkap suami dan menantu Awad, yang kini tengah menjalani interogasi.

Sebelumnya, Baghdadi tewas meledakkan diri, bulan lalu. Bom yang dia bawa diledaakan saat terpojok oleh pasukan khusus Amerika Serikat (AS) yang melakukan operasi penyerbuan di sebuah terowongan di Idlib, Suriah. Terdapat, rekaman audio yang telah dirilis pada Kamis (31/10) lalu, di mana ISIS mengonfirmasi bahwa Baghdadi telah tewas. Mereka pun bersumpah akan membalas AS atas aksinya tersebut.

Setelah kepergian Baghdadi, ISIS telah mengumumkan pemimpin pengganti yang disebut sebagai Abu Ibrahim al-Hashemi al-Quraishi. Menurut keterangan dari seorang pejabat senior AS pada pekan lalu, ia mengungkapkan bahwa otoritas AS tengah memeriksa profil dan latar belakang dari pemimpin baru ISIS tersebut.

Baca lebih banyak artikel terkait tentang Politik: https://www.indonesianupdates.com/category/international/

Ikuti kami di Facebook dan tetap up to date dengan konten terbaru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *