Tue. Sep 17th, 2019

Panasnya Sauna Memberikan Sejumlah Manfaat bagi Kesehatan, Simak Penjelasannya

The Heat of the Sauna Provides a number of health benefits, see the explanation

sauna

Para peneliti di Jerman menemukan bahwa dengan melakukan sauna selama 25 menit, artinya sama dengan rasa lelah yang dilakukan ketika berolahraga ringan. Dalam penelitian tersebut, denyut jantung dan tekanan darah peserta diukur.

Penelitian menunjukkan bahwa kedua parameter naik saat melakukan sauna dan kemudian turun sesudahnya. Hal ini sama dengan seseorang yang berkendara sepeda statis dengan intensitas sedang.  Dilansir dari timesofindia, berikut beberapa manfaat sauna yang perlu Anda ketahui.

1. Baik untuk kesehatan mental

Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa sauna bisa membuat keseimbangan sistem saraf otonom jantung meningkat. Hal ini memberi dampak pada peningkatan tonus vagal dan penurunan tonus simpatis sehingga variabilitas detak jantung menjadi lebih baik.

Ini menunjukkan bahwa sauna memberi manfaat kepada tubuh dan pikiran yang menjadikannya berelaksasi. Sehingga melakukan aktivitas sauna bisa mengurangi risiko gangguan mental, meski begitu penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi hal ini.

2. Menjaga tekanan darah

Dalam studi American Journal of Hypertension menemukan bahwa orang yang melakukan sauna secara rutin, yakni empat hingga lima kali seminggu memberikan efek pada 50 persen lebih rendah mengalami tekanan darah tinggi dibanding orang yang pergi ke sauna sekali dalam seminggu.

Hal ini dikarenakan saat suhu tubuh naik dan pembuluh darah terbuka sehingga berfungsi lebih baik.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Menghabiskan waktu di sauna lebih baik dilakukan saat musim dingin atau saat mengalami flu. Satu sesi sauna yang dilakukan selama 15 menit bisa meningkatkan sel darah putih, limfosit, neutrofit, dan basofil.

Penelitian juga mengungkapkan, rasa stres yang ditimbulkan tubuh akibat panas dari sauna bisa meningkatkan kekebalan tubuh

4. Mengurangi risiko stroke

Berdasarkan studi pada 2018 yang diterbitkan dalam Journal of Neurology menunjukkan, baik pria maupun wanita yang melakukan sauna secara rutin 4-7 kali dalam seminggu, sebanyak 61 persen lebih kecil kemungkinan mengalami stroke dibanding orang yang hanya seminggu sekali melakukan sauna.

Share On

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *