Partai Konservatif Menang Pemilu, Boris Johnson Pertahankan Jabatan PM Inggris

Conservative Party Wins Election, Boris Johnson Defends Position of British Prime Minister

Foto Boris Johnson Mempertahankan Posisi Perdana Menteri Inggris

Boris Johnson dari Partai Konservatif berhasil mempertahankan posisinya sebagai Perdana Menteri Inggris

Memperoleh suara mayoritas di pemilihan umum yang digelar pada Kamis, 12 Desember 2019, memastikan Boris Johnson dari Partai Konservatif berhasil mempertahankan jabatannya sebagai Perdana Menteri Inggris.

Partai Konservatif berhasil meraih perolehan 341 kursi dari total 650 kursi parlemen. Sedangkan pesaing terberatnya, yakni Partai Buruh pimpinan Jeremy Corbyn, hanya memperoleh 200 kursi parlemen.

Pesaing Johnson lainnya dalam pemilu kali ini, ia harus berhadapan dengan politikus perempuan. Mereka adalah Nicola Sturgeon dari Partai Nasional Skotlandia (SNP), Jo Swinson dari Partai Liberal Demokrat, Arlene Foster dari Partai Uni Demokratik (DUP), dan Mary Lou McDonald dari Partai Sinn Féin.

Pemilu kali ini yang merupakan pemilu ketiga dalam lima tahun terakhir, disebut-sebut sebagai yang paling krusial. Pasalnya hasil pemilu ini akan menentukan masa depan dari Brexit di mana negosiasi Brexit telah diperpanjang tiga kali.

Diberitakan sebelumnya, Johnson menyatakan sehari sebelum pemilu digelar bahwa pihaknya bisa mengeluarkan Inggris dari Uni Eropa pada Januari mendatang. Klaim tersebut berdasarkan tenggat waktu yang diputuskan terakhir kali usai negosiasi Brexit diperpanjang.

Johnson mengatan kepada wartawan pada Rabu (11/12) malam, bahwa pemilu ini merupakan kesempatan warga untuk bisa mengeluarkan Inggris dari kebuntuan politik serta ketidakpastian. “Bayangkan betapa indahnya bisa menetap dan menyantap ayam kalkun saat makan malam di malam Natal usai Brexit bisa diputuskan,” ujar Johnson dikutip dari AFP

Baca lebih banyak artikel terkait tentang Politik: https://www.indonesianupdates.com/category/international/

Ikuti kami di Facebook dan tetap up to date dengan konten terbaru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *