Sun. Aug 18th, 2019

Paten Smartphone yang Ditenagai Dengan Panel Surya Terungkap

Smartphone Patent Powered by Solar Panels Revealed

solar panel phone

Xiaomi kabarnya tengah mengembangkan smartphone yang mana tenaga baterainya menggunakan panel surya. Paten atas pengembangan ini ditemukan pada basis data rancangan World Intellectual Property Office (WIPO). Pada gambar paten, panel surya ini berada di bagian belakang ponsel.

Panel surya pada ponsel ini terlihat dari gambar bagian belakang ponsel yang dilengkapi dengan kisi-kisi. Panel surya yang dihadirkan di ponsel ini diperkirakan untuk memenuhi permintaan pasar yang memerlukan baterai ponsel yang lebih tahan lama.

Namun, tak ada penjelasan lebih lanjut dari paten tersebut terkait apakah panel surya ini digunakan untuk menjadi tenaga tambahan pada ponsel dalam jangka waktu lama, atau sekedar memberi tenaga cadangan saat kondisi darurat.

Paten ini sendiri didaftarkan pada 27 Juli tahun lalu. Dilansir dari Lets Go Digital, terdapat tujuh sketsa yang menunjukkan bagian depan ponsel dipenuhi layar. Tak nampak pada gambar, tempat untuk menempatkan sensor dan kamera.

Soal kamera, juga tak tampak pop-up kamera pada ponsel ini. Diperkirakan kamera yang disematkan di ponsel ini adalah kamera bawah layar. Teknologi kamera bawah layar saat ini memang tengah dikembangkan oleh beberapa pemanufaktur smartphone.

Bagian belakang ponsel terdapat dua kamera dengan sebuah flash di tengah-tengah dua kamera. Pemindai sidik jari tak nampak pada bagian belakang ponsel. Diperkirakan ponsel ini hadir dengan teknologi pemindai sidik jari bawah layar.

Panel surya yang ada di gambar rancangan, tampak menutup lebih dari setengah bagian bodi ponsel di bagian belakang. Namun, kehadiran panel surya ini tampak tidak membuat ponsel Xiaomi ini lebih tebal. Pasalnya, modul kamera masih terlihat lebih menonjol dibandingkan panel surya tersebut.

Selain Xiaomi, ada juga pemanufaktur ponsel asal Rusia, yakni Caviar yang juga tengah mengembangkan ponsel menggunakan panel surya.

Tahun lalu, Caviar telah merilis ponsel dengan panel surya untuk ponsel yang dinamakan iPhone X Tesla. Samsung juga ternyata sempat meluncurkan ponsel yang terintegrasi dengan panel surya, yakni Guru E1107 pada 2009.

Pada 2010, LG sempat merilis baterai tambahan dengan tenaga surya. Aksesoris ini bisa menghidupkan feature phone dengan layar 3 inci selama 2 menit setelah baterai dijemur selama 10 menit.

Share On

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *