PBNU Usulkan Presiden Kembali Dipilih MPR, Ketua DPR Sebut Akan Dibahas Komisi II

PBNU Proposes President to Be Re-elected by the People’s Consultative Assembly, The Chair of the DPR Said that Commission II will Discuss

Foto Ketua Parlemen, Puan Maharani, enggan mengungkapkan sikapnya

Ketua Parlemen, Puan Maharani, enggan mengungkapkan sikapnya

Muncul wacana dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang mengusulkan presiden dipilih lagi oleh MPR, terkait hal itu Ketua DPR Puan Maharani enggan menyatakan sikap.

Bertempat di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (28/11), Puan mengatakan usulan itu akan dibahas di komisi II untuk dilihat kaijannya.

“Apakah kita kembali ke belakang mundur, apakah itu akan ada manfaat dan faedahnya ke depan,” kata Puan.

Menurut penilaiannya, selama penyelenggaraan pemilu langsung sudah berjalan dengan baik. Meskipun, dia juga mengakui ada beberapa kasus yang dalam penyelanggaraan tidak berjalan baik dan lancar.

Keengganan dirinya dalam memberikan sikap karena belum ada keputusan resmi dari DPR. Puan menyerahkan pembahasan terkait usulan itu di Komisi II.

Sebelumnya, pimpinan MPR menemui Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj dengan mengunjungi Kantor PBNU di Jakarta Pusat, Rabu (27/11). Dalam pertemuan itu, Ketua MPR Bambang Soesatyo atau Bamsoet serta pimpinan lain hadir sekitar pukul 14.00 WIB hingga beres pukul 16.30 WIB.

Kedua pihak dalam pertemuan tersebut membicarakan wacana amandemen Undang-Undang Dasar 1945. Lalu, PBNU menyatakan sepakat terkait hal tersebut merujuk pada Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama PBNU di Pondok Pesantren Kempek, Cirebon pada 2012.

“Tentang pemilihan Presiden kembali MPR, itu keputusan munas NU di Kempek, Cirebon 2012. Kiai-kiai sepuh, waktu ada Kiai Sahal pas masih hidup, Kiai Mustofa Bisri, menimbang mudharot dan manfaat, Pilpres langsung itu hight cost, terutama cost sosial,” ujar Said setelah melakukan pertemuan bersama pimpinan MPR di Kantor PBNU, Jakarta Pusat, Rabu (27/11).

Baca lebih banyak artikel terkait tentang Politik: https://www.indonesianupdates.com/category/political/

Ikuti kami di Facebook dan tetap up to date dengan konten terbaru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *