Pemicu Gempa Solok Selatan Sesar yang Belum Terpetakan

Triggers of the South Solok Earthquake Uncharted Fault

Gempa tektonik bermagnitudo 5,3 yang bersumber di daratan wilayah Kabupaten Solok Selatan, Kamis, 28 Februari 2019 menjadi peringatan bahaya gempa besar.

Berdasarkan riwayat gempa masa lalu, di wilayah itu pernah diguncang gempa darat  bermagnitudo skala 7.  “Dalam catatan sejarah pernah terjadi dua kali gempa dahsyat,” kata Daryono, Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Jumat, 1 Maret 2019.

Pada Kamis pagi, 28 Februari 2019, pukul 06.27.05 WIB, wilayah Kabupaten Solok Selatan diguncang gempa tektonik bermagnitudo 5,3. Pusat sumber gempa (episenter) terletak  pada koordinat 1,4 LS dan 101,53 BT.

Lokasi sumber gempa itu di darat pada jarak 36 kilometer arah timur laut Kota Padang Aro, Kabupaten Solok Selatan, Propinsi Sumatera Barat. Berkedalaman 10 kilometer, Gempa Solok Selatan ini tergolong jenis gempa tektonik kerak dangkal.

Pemicu gempa ini diduga berasal dari percabangan dari Sesar Besar Sumatera.  Lokasi episenter gempanya berjarak  49 kilometer di sebelah timur jalur Sesar Besar Sumatra tepatnya dari segmen Suliti.

Mengacu orientasi pada deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan mendatar (strike-slip) ini ujarnya, bisa dikatakan mekanisme gempa Solok Selatan ini berupa sesar geser dengan arah pergeseran menganan (dextral-strike slip fault).

Dampak gempa ini guncangannya dirasakan di Solok Selatan mencapai skala intensitas V-VI MMI, Kota Padang III-IV MMI, Painan dan Padang Panjang II-III MMI, Payakumbuh Limapuluh Kota II MMI, Kepahyang I MMI.

Berdasarkan laporan BPBD Kabupaten Solok Selatan, lebih dari 343 bangunan rumah rusak dan sedikitnya 48 orang terluka akibat gempa ini. Catatan sejarah gempa besar di Segmen Suliti kata Daryono terhitung sedikit. Namun pada bagian selatan Segmen Suliti yang berdekatan dengan Segmen Siulak pernah terjadi dua kali gempa dahsyat. “Yaitu Gempa Kerinci 1909 bermagnitudo 7,6 dan pada 1995 dengan magnitude 7,0,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *