Thu. Aug 22nd, 2019

Pemilu 2024, KPU Berencana Jadikan Situng Sebagai Hasil Resmi

2024 Election, KPU Plans to Make Counting As Official Results

Viryan Aziz1

Hasil data pada sistem informasi penghitungan (situng), rencananya bakal dijadikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai hasil resmi rekapitulasi pada pemilu 2024. Namun, rencana tersebut akan dilakukan secara bertahap, yakni dimulai pada Pilkada Serentak 2020. 

Komisioner KPU, Viryan Azis, mengatakan pihaknya tidak hanya menjadikan situng sebagai dasar rekapitulasi penghitungan suara secara elektronik pada Pilkada Serentak 2020, tetapi akan diaplikasikan juga pada pemilu 2024.

Viryan mengatakan, pada pemilu 2019 publik banyak yang masih mengira bahwa data dalam situng merupakan hasil resmi perolehan suara oleh KPU. Padahal, situng saat ini bukan merupakan hasil resmi, sehingga tidak menjadi prioritas KPU.

Menurut Viryan, memang terdapat pilihan untuk menggunakan teknologi dari e-counting, e-recapitulation, atau e-voting.

Viryan mencontohkan Kenya, salah satu negara yang menggunakan e-voting, namun gagal total sehingga hasil Pilpresnya dibatalkan. Viryan menilai, Indonesia pun belum siap menerapkan e-voting dan e-counting karena dinilai berbahaya.

Menurut Viryan, hal yang paling memungkinkan untuk diaplikasian dalam pemilu Indonesia adalah e-rekap. Dengan e-rekap, ia memperkirakan, rekapitulasi nasional bisa dirampungkan dalam lima hari.

Viryan menuturkan KPU sedang mempersiapkan penerapan e-rekap di pilkada serentak 2020. Secara hukum, e-rekap sudah dijamin oleh UU Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pilkada. Namun, terkait teknisnya KPU harus memastikan hal itu bisa berjalan dengan baik, seperti sistem teknologi, keamanan, dan teknis-teknis penghitungan serta rekapitulasi suara.

Nantinya, misalkan sudah beres secara legal dan teknis, kemudian akan dilakukan simulasi e-rekap kepada publik selama satu sampai tiga bulan. Pihak KPU akan memastikan untuk melakukan sosialisasi, edukasi, dan simulasi kepada publik.

Share On

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *