Thu. Aug 22nd, 2019

Pendiri Demokrat Klaim Desakan SBY Mundur Datang Dari Ribuan Kader

Founder of Democrats Claims SBY’s Urge to Come Back from Thousands of Cadres

Susilo Bambang Yudhoyono

Anggota Forum Komunikasi Pendiri dan Deklarator Partai Demokrat, Sahat Saragih mengklaim desakan agar Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mundur dari posisi ketua umum tak hanya datang dari segelintir kader, tetapi ribuan. Dia mengatakan komunikasi sudah dilakukan dengan DPD dan DPC Partai Demokrat seluruh Indonesia. 

Sebelumnya, forum ini sudah meminta SBY turun dari kursi ketua umum. Permintaan itu dilakukan karena SBY dinilai gagal menjalankan tugas sebagai pucuk pimpinan. 

Sahat mengatakan para deklarator serta kader pernah menyampaikan kepada ke SBY secara tertulis. Permintaan tertulis itu dilakukan sekitar dua tahun yang lalu, namun tidak digubris.

Sahat mengatakan SBY menganggap selalu ada kader baru yang membelanya. Dia menyayangkan sikap SBT yang seharusnya mendengarkan para senior di Demokrat. 

Sahat mengaku sengaja membeberkan persoalan ini kepada pers agar publik mengetahui. Dia mengamini aspirasi bisa disampaikan melalui forum internal. Akan tetapi, SBY dinilainya mengabaikan apa yang disampaikan para senior dan deklarator. 

Sahat mengaku tak takut apabila dirinya dan deklarator Demokrat lainnya ditindak oleh DPP Demokrat akibat meminta SBY turun dari kursi ketua umum. Dia menegaskan dirinya sebagai pendiri partai dan menganggap aneh jika ada yang memberi sanksi kepada pendiri partai. 

Ketua Bidang Hukum dan Advokasi DPP Demokrat Ferdinand Hutahaean menyebut Sahat Saragih cs tidak patut mempermasalahkan kepemimpinan SBY sebagai ketua umum. Dia menegaskan para pendiri, meski senior sekali pun, tidak berhak melakukan evaluasi kinerja ketua umum karena yang punya hak suara untuk mengevaluasi adalah DPD dan DPC. Forum Pendiri, sebutnya, tidak ada dalam ADR/ART Partai.

Ferdinand menyebut gerombolan Sahat cs tak paham aturan. Dia menyebut forum partai akan menindak Sahat dkk. atas aksinya tersebut. 


Share On

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *