Pendiri Microsoft, Bill Gates kembali menyatakan pendapatnya tentang OS mobile

High Glycemic Index, White Rice Is Considered a Goat for Diabetes in Indonesia

Foto Beras Putih Dianggap Kambing untuk Diabetes di Indonesia

Nasi Putih Dianggap Kambing untuk Diabetes di Indonesia

Nasi putih masih dianggap oleh banyak orang sebagai penyebab utama diabetes di orang Asia, termasuk Indonesia. Sejumlah jurnal ilmiah bahkan menyebut mengonsumsi nasi terlalu banyak akan meningkatkan risiko terkena diabetes melitus tipe 2.

Ahli metabolik endokrin dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), dr Em Yunir SpPD-KEMD, dikuti dari detikcom, Selasa (12/11), mengatakan kemungkinan yang jadi masalah dari nasi adalah indeks glikemiknya yang sangat tinggi. Jadi, kata dr Em Yunir, artinya kalau kita makan nasi dalam waktu satu jam, akan terjadi kenaikan gula darah yang mendadak tinggio. Hal ini berbeda dengan jenis karbohidrat lainnya.

Untuk informasi, nasi merupakan salah satu sumber makanan karbohidrat dengan indeks glikemik cukup tinggi, yakni sekitar 70. Jadi, semakin tinggi angka indeks glikemik dari suatu makanan, maka semakin cepat kadar gula darah meningkat.

Ditambah, kebanyakan orang Indonesia terbiasa mengonsumsi nasi 3 kali sehari. Sehingga kebiasaan terus-menerus ini, bisa berakibat pada peningkatan gula darah. Disamping itu, ada tambahan lauk pauk dan camilan lainnya.

Dr Em Yunir menambahkan, jenis karbohidrat lainnya, kenaikan gula darah yang terjadi secara perlahan sehingga insulinnya keluar juga pelan. Jadi, dia menilai, makan nasi banyak dalam waktu singkat artinya jumlah gula darah akan naik, tetapi insulinnya belum keluar. “Itu yang jadi masalah makanya banyak yang bilang nasi putih itu lebih jahat dari nasi merah, atau nasi hitam,” sebut dr Em Yunir.

Melihat dari indeks glikemik yang tinggi pada nasi, banyak kemudian yang memodifikasi beras agar bisa menurunkan kadar glikemiknya. Kendati demikian, dr Em Yunir menyebut modifikasi itu dampaknya hanya berlaku jangka pendek karena jumlah karbohidrat atau total kalori yang diasup juga sama.

Baca lebih banyak artikel terkait tentang Kesehatan: https://www.indonesianupdates.com/category/health/

Ikuti kami di Facebook dan tetap up to date dengan konten terbaru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *