PepsiCo Hengkang dari Indonesia, Peritel Modern Tak Permasalahkan

PepsiCo Hengkang from Indonesia, Modern Retailers are Not Concerned

Foto PepsiCo Hengkang dari Indonesia

Salah satu perusahaan minuman yang telah dilarang di seluruh dunia, PepsiCo secara resmi memutuskan untuk meninggalkan Indonesia

Salah satu perusahaan produsen minuman yang sudah dinekal dunia, PepsiCo secara resmi memutuskan hengkang dari Indonesia. Hal itu diyakini tak berpengaruh terhadap penjualan peritel di tanah air.

Seperti pernyataan dari Corporate Affairs Director PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. (AMRT) Solihin pada Rabu (2/10), yang mengatakan bahwa tak berlanjutnya lagi pasokan minuman dari PepsiCo tidak akan memengaruhi penjualan di gerai-gerai perusahaan. Nantinya, perusahaan akan segera menempatkan produk minuman lain untuk mengisi posisi kosong yang telah ditinggalkan minuman produksi PepsiCo.

Dia menyebut pihaknya mempunyai banyak rekanan produsen lain yang siap mengisi kulkas dan rak-rak di gerai kami. Sehingga itu tak jadi kendali penjualan gerainya dan tak terlalu berpengaruh pada konsumen.

Sementara, Direktur Pemasaran PT Indomarco Prismatama, perusahaan yang mengelola minimarket Indomaret, Wiwiek Yusuf menyatakan perusahaannya akan segera mencari rekanan lain untuk mengisi kekosongan pasokan minuman dalam kemasan yang ditinggalkan oleh PepsiCo. 

Adapun jika kontrak perusahaan dengan distributor PepsiCO masih berlaku dalam beberapa waktu ke depan, makan pihaknya akan menjual stok sisa yang masih tersedia.

Dikuti dari Bisnis, Rabu (2/10), juru bicara PepsiCo menyebutkan telah mengakhiri kontrak kerja sama produksi per 10 Oktober 2019 dengan PT Anugerah Indofood Barokah Makmur (AIBM) di Indonesia.

Juru bicara tersebut tidak menjelaskan alasan utama penghentian kerja sama antara PepsiCo dan AIBM tersebut. Hal yang ia sampaikan bahwa perusahaan yang berkantor pusat di New York, Amerika Serikat itu berharap dapat kembali ke Indonesia.

Selain itu, mengenai informasi nasib karyawan berikut dengan rantai pasok yang ditinggalkan akibat keputusan tersebut tidak ada penjelasan lebih lanjut.

Seperti diketahui merek minuman yang termasuk dalam grup PepsiCo, yakni Pepsi, Mirinda, &Up, dan Mountain Dew bakal dipastikan tidak akan beredar lagi di pasaran Indonesia.

AIBM merupakan perusahaan yang menjalankan proses produksi, distribusi, dan penjualan merek PepsiCo di Indonesia. Saham AIBM mayoritas dimiliki oleh PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. (ICBP).

Sementara itu belum ada tanggapan dari pihak ICBP maupun AIBM  mengenai keputusan PepsiCo tersebut.

Baca lebih banyak artikel terkait tentang Bisnis: https://www.indonesianupdates.com/category/business/

Ikuti kami di Facebook dan tetap up to date dengan konten terbaru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *