Perhatian yang Suka Nonton Film Bajakan, Pemerintah Bakal Hapus Situs IndoXXI

Attention Like Watching Pirated Films, Government Will Delete IndoXXI Site

Foto Pemerintah Akan Menghapus Situs IndoXXI

Pemerintah Akan Menghapus Situs IndoXXI

Siapa yang sering nonton film bajakan secara online? Berbagai alasan orang suka menonton film bajakan, seperti tak sempat menonton di bioskop karena sudah tak tayang, lebih suka menonton di rumah sambil ngemil tempe mendoan, untuk berhemat, atau alasan-alasan lainnya.

Namun, saat ini Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) menjadi salah satu hal yang fokus disorot Kementerian Komunikasi & Informatika (Kemenkominfo) pada 2020. Kemenkominfo akan memberantas pelanggaran HAKI tersebut, termasuk juga adanya film bajakan di situs web streaming dan situs torrent di situs yang paling populer saat ini IndoXXI.

Menurut penjelasan Dirjen Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan, bahwa dalam penegakan HAKI di pembajakan film online, Kemenkominfo bekerja sama dengan Coalition Against Piracy (CAP) dan Ditjen HAKI Kemenkumham.

“Kita kerja sama. memang kami tahun depan akan fokus ke pelanggaran HAKI. Kami tidak bisa sendirian, saya juga sudah berbicara dengan Dirjen HAKI,” ungkap Semuel seperti yang dilansir dari , Jumat (20/12).

Lebih lanjut, Semuel mengatakan bahwa Kemenkominfo dengan pemilik situs web streaming bermain kucing-kucingan. Misalnya, setiap Kemenkominfo menutup satu situs, eh pemilik situs web streaming akan muncul lagi dengan URL baru.

Bahkan menurut pengakuan Semuel,sejak Juli 2019 Kemenkominfo telah memblokir lebih dari 1.000 situs web pembajakan dan domain aplikasi ilegal.

“Pemilik situs ini memang nakal, mereka pindah-pindah URL, kita cari terus. Maka kami juga kerja sama,” ujar Semuel. Bukan hanya pelanggaran HAKI di sektor film dan video, Kemenkominfo juga bakal merambah pada pembajakan lagu dan buku.

“Sekarang yang kita lihat bukan hanya video, tapi musik dan buku juga. Di era digital HAKI itu penting, anak muda produksi karya dengan HAKI harus dilindungi,” sebut Semuel.

Sekedar informasi, berdasarkan hasil survei YouGov, ditemukan hampir dua per tiga atau 63 persen konsumen daring atau online di Indonesia menonton situs web streaming atau situs torrent. Lalu apa yang paling favorit untuk sering akses? Adalah situs IndoXXI (Lite) yang menjadi aplikasi paling populer yang digunakan oleh 35 persen pengguna ISD. Kamu pernah nonton di sini?

Selain itu, survei yang ditugaskan Coalition Against Piracy (CAP) juga menemukan sebanyak 29 persen konsumen menggunakan TV box. Mereka menggunakan perangkat ini untuk menonton streaming konten televisi dan video atau film bajakan

Baca lebih banyak artikel terkait tentang Teknologi: https://www.indonesianupdates.com/category/tech/

Ikuti kami di Facebook dan tetap up to date dengan konten terbaru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *