Perppu Pembatalan UU KPK, Jokowi Masih Pertimbangkan

Perppu on Cancellation of KPK Law, Jokowi Still Considering

Foto Seputar pembatalan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang Presiden KPK Jokowi mengatakan bahwa ia masih mempertimbangkannya

Mengenai pembatalan UU KPK tentang Presiden KPK Jokowi mengatakan bahwa dia masih mempertimbangkannya

Terkait penerbitan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu) yang peruntukkan untuk pembatalan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan masih mempertimbangkannya.

Menurutnya, UU KPK hasil revisi itu juga belum sepenuhnya berlaku.

“Sampai detik ini kita masih melihat, mempertimbangkan, tapi kan UU-nya belum berjalan,” ujar Jokowi saat berkunjung ke SMK 57, Jakarta, Senin (9/12).

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa UU KPK baru resmi berlaku setelah dewan pengawas (Dewas) terbentuk dan pimpinan KPK periode 2019-2023 dilantik. Waktu dibentuknya Dewas dan dilantiknya pimpinan KPK ialah pada pertengahan Desember 2019

Selanjutnya, kata Jokowi, pihaknya akan mengevaluasi jalannya UU KPK hasil revisi.

“Saya kira kita harus mengevaluasi seluruh program yang hampir 20 tahun ini berjalan,” sebut Jokowi.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu menegaskan bahwa perlunya penindakan dalam pemberantasan korupsi. Meski begitu,menurutnya pembangunan sistem pencegahan sangat penting diterapkan. Hal ini bertujuan agar penyelewengan tak terjadi.

Disamping itu, Jokowi menyoroti proses rekrutmen politik yang juga penting untuk dibenahi. Dia menganggap bahwa rekrutmen politik yang dinilai sebagian orang dibutuhkan biaya yang besar, sehingga membuat mereka yang terpilih berpikir untuk mengembalikan modal politik yang telah dihabiskannya tersebut.

“Evaluasi-evaluasi seperti inilah yang harus kita mulai koreksi, evaluasi. Sehingga betul setiap tindakan itu ada hasilnya yang konkrit, bisa diukur,” imbuh wali kota Solo tersebut.

Baca lebih banyak artikel terkait tentang Politik: https://www.indonesianupdates.com/category/political/

Ikuti kami di Facebook dan tetap up to date dengan konten terbaru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *