Pertama Kali Pemilihan Tanpa Pansel, Dewan Pengawas KPK Diprediksi Bakal Diisi Orang Jokowi

The First Time Election Without Parliamentary, KPK Supervisory Board Predicted Will Be Filled by Jokowi’s People

Foto pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Oktober lalu, sekarang Presiden Jokowi akan menunjuk Dewan Pengawas KPK

Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Oktober lalu, kini Presiden Jokowi akan menunjuk Dewan Pengawas KPK

Selepas pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada bulan Oktober lalu, kini Presiden Joko Widodo akan menunjuk langsung Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023.

Menurut Pakar Hukum Tata Negara dari Universitas Andalas, Feri Amsari mengatakan Presiden Jokowi perlu menempatkan orang-orang kepercayaannya berada di jajaran dewan pengawas untuk kemudian dapat menjalankan agendanya di KPK. Dirinya juga menambahkan, peluang tersebut akan sangat terbuka lebar.

Peluang tersebut terjadi, karena proses pemilihan Dewan Pengawas KPK pada periode yang terakhir, tidak melalui mekanisme panitia seleksi dan tidak memerlukan persetujuan dari DPR.

Feri juga menambahkan dengan adanya hal tersebut, membuktikan bahwa Jokowi akan sangat dominan meletakkan orang-orangnya yang memiliki kewenangan untuk bisa menentukan ke arah mana KPK di masa depan.

Sementara itu, pada proses pemilihan Dewan Pengawas KPK pada periode yang mendatang baru akan melibatkan panitia seleksi dan DPR sebagaimana proses pemilihan pimpinan KPK.

“Nah ini kan semakin nyata bahwa tidak mungkin orang yang akan ditunjuk, bukanlah orang Jokowi,” ujar Feri.

Sempat diberitakan bahwa Presiden Jokowi akan menunjuk langusng orang yang akan mengisi jabatan Dewan Pengawasan KPK. Presiden Jokowi pun mengatakan untuk pertama kalinya pemilihan tidak melalui pantai seleksi.

Berdasarkan UU Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK, yang mana disebutkan mengatur ketua dan anggota dewan pengawas dipilih oleh Presiden melalui panitia seleksi.

Akan tetapi, terdapat juga Pasal 69 A ayat (1) yang mengatur bahwa ketua dan anggota dewan pengawas untuk pertama kalinya ditunjuk dan diangkat oleh Presiden Republik.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa yang terpilih nantinya adalah orang-orang yang memiliki kredibilitas yang baik. Jokowi pun saat ini sudah mendapat masukan-masukan terkait sosok yang akan dipilih sebagai dewan pengawas KPK. Disebutkan pelantikan dewan pengawas juga akan berbarengan dengan pelantikan pimpinan KPK periode 2019-2023 yang sudah terpilih lebih dulu.

Baca lebih banyak artikel terkait tentang Politik: https://www.indonesianupdates.com/category/political/

Ikuti kami di Facebook dan tetap up to date dengan konten terbaru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *