Pertamina Akan Ekspor 4.000 Barel Smooth Fluid ke Aljazair

Pertamina Will Export 4,000 Barrel Smooth Fluid to Algeria

pertamina

PT Pertamina (Persero) akan melakukan ekspor 4.000 barel cairan fluida atau smooth fluid SF-05 ke Aljazair.
Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman membenarkan rencana tersebut. Dengan kegiatan ekspor Smooth Fluid ini, menurutnya, akan menambah portofolio perseroan di pasar global dan berperan untuk acceptability produk yang lebih ramah lingkungan.
Smooth Fluid adalah cairan fluida yang digunakan dalam kegiatan pengeboran. Cairan yang terbuat dari fraksi minyak ini, memiliki beberapa karakteristik nonkorosif. Juga, kompatibel dengan peralatan pengeboran seperti gasket dan seal.
SF-05 juga mempunyai kestabilan yang baik dan tidak mudah teroksidasi dalam berbagai kondisi operasi. Sifat cairan ini sangat cocok dalam kegiatan pengeboran lepas pantai dan medan bersuhu tinggi serta bertekanan tinggi.
Ekspor perdana SF-05 ke Aljazair ini akan dilakukan Pertamina melalui Pertamina MOR VI, Balikpapan. Produk ini telah diproduksi Refinery Unit V Balikpapan dengan kapasitas produksi 1,2 juta barel per tahun.
Industri migas di Indonesia telah banyak menggunakan produk turunan petrokimia, baik industri lepas pantai maupun darat.
Sebelumnya, kegiatan promosi yang dilakukan Pertamina adalah dengan berpartisipasi di ajang North Africa Petroleum Exhibition and Conference (NAPEC) yang berlangsung pada 10 – 13 Maret 2019 di Oran Convention Center, Aljazair.
NAPEC merupakan wahana untuk promosi produk migas unggulan, di mana para profesional migas di seluruh dunia bertemu dan berdiskusi. Terdapat sekitar 570 operator serta perusahaan teknologi dan layanan dari 40 negara dalam pameran tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *