Pertamina Ternyata Punya Bisnis Pencucian Mobil

Pertamina Apparently Has Car Wash Business

Foto PT Pertamina Ternyata Memiliki Bisnis Cuci Mobil

PT Pertamina Rupanya Memiliki Bisnis Cuci Mobil

Salah satu perusahaan BUMN, PT Pertamina (Persero) tengah menjadi sorotan Menteri BUMN Erick Thohir. Bagaimana tidak, perusahaan migas ini mempunyai 142 anak dan cucu perusahaan. Jumlah ini merupakan paling banyak di antara BUMN lainnya.

Anak dan cucu Pertamina ini terbilang kompleks di luar sektor hulu dan hilir migasnya, seperti properti, ritel, hingga maskapai penerbangan.

Pertamina mencoba melakukan rebranding dari perusahaan migas menjadi perusahaan energi. Langkah ini secara aktif dilakukan sejak beberapa tahun belakangan.

Tapi pernahkah terbayangkan, bahwa salah satu lini bisnis Pertamina bisa dikatakan jauh dari core business perusahaan energi. Ya, bisnis itu adalah pencucian mobil.

Dikutip dari yang melansir laman resmi salah satu anak usaha Pertamina, yakni PT Pertamina Retail, dicantumkan di situ perseroan mengelola beragam usaha selain bisnis utama mendistribusikan BBM, seperti Bright Convenience Store & cafe, Bright Oli Mart, dan Bright Wash.

Konsep usaha cuci mobil dianggap sebagai upaya untuk memaksimalkan ruang di lahan SPBU-SPBU yang dikelola langsung PT Pertamina Retail. Mengusung bran Bright Wash, cuci mobil ini tersebar di beberapa SPBU COCO (Company Owned Company Operated).

Selain itu, pemanfaatan lahan kosong juga dilakukan dengan membangun jaringan minimarket dengan mengusung brand Bright Convenience Store/Mini Market & Café. Ada juga penggantian oli mobil dengan nama Bright Oli Mart.

Semenjak Direktur Marketing Pertamina dijabat oleh Ahmad Bambang, usaha-usaha pelengkap ini digalakkan kehadirannya di area SPBU Pertamina.

Langkah rebranding dilakukan terhadap sejumlah SPBU Pasti Pas dengan menjadikan SPBU Pasti Prima. Untuk memberikan ciri khas, diberi sentuhan warna kombinasi hijau, biru, dan merah.

Nah, konsep SPBU Prima ini membuat pelanggan agar aktivitas yang dilakukan tak melulu mengisi BBM. Para pelanggan bisa menikmati berbagai layanan lebih, seperti menikmati makanan cepat saji, bersantai, hingga berbelanja kebutuhan pokok.

Sebagaimana diberitakan, Menteri BUMN Erick Thohir baru-baru ini mengatakan pihaknya mendapati fakta bahwa PT Pertamina (Persero) memiliki 142 anak dan cucu perusahaan.

Fakta tersebut terungkap ketika dirinya melakukan rapat bulanan dengan Pertamina.

“Kemarin saya rapat dengan Pertamina, ternyata ada 142 perusahaan di Pertamina,” ucap Erick Thohir bertempat di Kantor Direktorat Jenderal Pajak di Jakarta, Jumat (14/12/2019).

Lalu, Erick meminta jajaran direksi dan komisaris Pertamina untuk memetakan bisnis dari masing-masing entitas anak perusahaan tersebut, ditambah dengan memeriksa kondisi kesehatan dari masing-masing perusahaan. Sebab, hal itu guna mengantisipasi keberadaan bisnis-bisnis yang justru merugikan perusahaan induk. Erick berencana melebur bisnis-bisnis sampingan yang dimiliki oleh BUMN yang merugikan dan berbeda dari bisnis inti.

Baca lebih banyak artikel terkait tentang Bisnis: https://www.indonesianupdates.com/category/business/

Ikuti kami di Facebook dan tetap up to date dengan konten terbaru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *