Program PEN: Jokowi berencana beri Rp 600 ribu ke pegawai swasta bergaji Rp 5 Juta ke bawah

President Joko Widodo

Program PEN: Jokowi berencana beri Rp 600 ribu ke pegawai swasta bergaji Rp 5 Juta ke bawah

Dalam rangka pemulihan ekonomi nasional (PEN) di tengah pandemi covid-19, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana memberikan subsidi gaji bagi para pekerja yang bekerja di sektor swasta dengan gaji di bawah Rp 5 juta.

Pertimbangan pemerintah, karena banyak perusahaan-perusahaan yang tidak mampu membayar penuh pekerjanya, bahkan tidak sedikit yang dipotong gajinya.Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dikabarkan bakal memberikan alokasi santunan tersebut hingga 6 bulan.

Selain itu, pemerintah juga menyiapkan tambahan bantuan seperti voucher makanan hingga sektor pariwisata.Hal ini kemudian dikonfirmasi oleh Staf Ahli Bidang Keuangan Negara Kementerian Keuangan, Kunta Wibawa Dasa Nugraha. “Insyallah, tunggu tanggal mainnya ya,” kata Kunta Wibawa seperti dikutip dari CNBC Indonesia, Selasa (4/8/2020).

Kendati demikian, Kunta belum mau merinci, berapa anggaran dan bagaimana skema pemberian subsidi gaji ini. Pihaknya sampai saat ini masih mendiskusikan dengan para pemangku kepentingan lainnya.

Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara mengatakan bahwa resesi pada dasarnya sudah berlangsung apabila dalam dua kuartal berturut-turut, angka pertumbuhan ekonomi negatif. Diperkirakan pandemi Covid-19 ini masih akan berlangsung sampai 2021 bahkan 2022.

“Dampak Covid-19 paling terasa di delapan provinsi Indonesia yang menyumbang 65,5% PDB. Oleh karena itu hal prioritas pertama yang perlu disiapkan pemerintah adalah belanja kesehatan, seperti mengupgrade RS, membeli obat-obatan, test kit, dan sebagainya,” ujarnya.

Prioritas kedua, lanjutnya, pemerintah menjaga kelompok masyarakat rentan terkena dampak Covid-19 yaitu perlindungan sosial bagi masyarakat miskin, employment support (dukungan ketenagakerjaan) seperti kartu Pra Kerja, pengurangan beban melalui Bantuan Langsung  Tunai (BLT), diskon listrik, dan dukungan lainnya untuk rumah tangga. Kemudian, prioritas ketiga adalah dukungan untuk UMKM, melindungi dunia usaha termasuk Usaha Ultra Mikro (UMi) yang tergabung dalam Program PEN.

Diketahui, stimulus subsidi gaji untuk para pekerja ini telah dilakukan terlebih dahulu oleh negara tetangga, Singapura yang menggelontorkan stimulus senilai US$ 3,6 miliar atau kurang lebih setara dengan Rp 52,4 triliun.Stimulus subsidi gaji untuk para pekerja yang sudah dilakukan Singapura tersebut ini merupakan paket stimulus ketiga, untuk meredam dampak ekonomi akibat virus corona atau covid-19.

Menurut keterangan Wakil Perdana Menteri dan Menteri Keuangan Heng Swee Keat, stimulus ketiga mencakup subsidi upah untuk semua perusahaan, keringanan sewa, dan cash trasnfer untuk semua orang dewasa di Singapura. Meski demikian, Keat mengatakan subsidi yang diberikan oleh pemerintahan Singapura untuk para pekerja itu hanya berlaku di bulan April saja.

Baca lebih banyak artikel terkait tentang Economy: https://www.indonesianupdates.com/category/economy/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *