Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan dilanjut sampai Surabaya, Pemerintah berencana gandeng Jepang

Kereta_cepat

Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan dilanjut sampai Surabaya, Pemerintah berencana gandeng Jepang

Pemerintah Indonesia tengah merencanakan pembangunan proyek kereta cepat dari Jakarta hingga Surabaya. Sejauh ini, proyek yang sedang dibangun ialah proyek kereta cepat Jakarta-Bandung yang dikerjakan oleh Tiongkok. Ke depannya, dalam melanjutkan infrastuktur Bandung-Surabaya pemerintah akan menggandeng pihak Jepang.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebutkan, proyek kereta cepat Jakarta-Bandung yang dilanjut sampai ke Surabaya sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Program KA Cepat Jakarta-Bandung, arahan presiden KA Cepat ini dilanjutkan. Artinya perencanaannya dari Jakarta-Bandung, Bandung-Surabaya. Sehingga tentu nanti akan ditindaklanjuti oleh Pak Menteri BUMN,” ungkap Airlangga setelah mengikuti rapat terbatas dengan Presiden Jokowi tentang evaluasi PSN untuk pemulihan ekonomi nasional dampak Covid-19 melalui telekonferensi, Jumat (29/5).

Dengan usulan tersebut, wacana proyek Kereta Api Cepat Jakarta-Surabaya batal. Sebab, pembangunannya sudah diintegrasikan dengan proyek Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung dan Bandung-Surabaya.

Menurut Airlangga, bahwa integrasi dua proyek ini dilakukan agar lebih ekonomis. Sebab, proyek kereta cepat Jakarta-Bandung juga telah menelan biaya besar dikarenakan mengalami keterlambatan pengerjaan selama setahun.

Untuk itu dengan integrasi proyek ini, Airlangga berharap akan ada tambahan konsorsium baru yang terlibat. Sejauh ini, pemerintah merencanakan Jepang sebagai pihak pengerjaan proyek.”Diusulkan agar konsorsium bisa ditambah konsorsium dari Jepang,” ucap Airlangga.

Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung merupakan Proyek Strategis Nasional yang dikerjakan PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC). Berdasarkan informasi KCIC, hingga saat ini progres proyek mencapai 43,45 persen dan tengah dikerjakan pembangunan 13 terowongan. Disbursement atau pengeluaran yang digelontorkan untuk proyek ini hingga 30 Aprill 2020 senilai 2,4 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 35 triliun.

Sementara progres pembebasan lahan mencapai 99,96 persen.Kereta cepat Jakarta-Bandung akan memiliki panjang 142,3 kilometer dengan empat stasiun pemberhentian, yaitu Halim, Karawang, Walini, dan Tegalluar.

Baca lebih banyak artikel terkait tentang National:
https://www.indonesianupdates.com/category/nation/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *