Rilis Smartphone Dual Layar ‘Surface Duo’, Microsoft Gunakan OS Android

Released ‘Surface Duo’ Dual Screen Smartphone, Microsoft Uses Android OS

Photo of Microsoft Gunakan OS Android

Perusahaan software terbesar di dunia, Microsoft merilis produk barunya yang tergabung dalam lini Microsoft Surface.

Perusahaan software terbesar di dunia, Microsoft merilis produk barunya yang tergabung dalam lini Microsoft Surface.

Tak ragu-ragu, perusahaan ini pun menghadirkan sejumlah produk Surface sekaligus. Produk-produk yang dirilis diantaranya Surface Pro 7, Surface Earbuds, dan Surface Laptop.

Akan tetapi, produk yang paling dinanti-nanti adalah perangkat mobile dengan dua layar, yaitu Surface Duo.

Tampaknya Microsoft sudah siap bangkit dengan perangkat barunya Surface Duo, peluncuran perangkat ini dilakukan beberapa tahun setelah perusahaan memutuskan untuk keluar dari industri smartphone, karena kegagalan Windows 10 Mobile.

Dikutip dari Phone Arena, Kamis (3/10/2019), perusahaan tidak bersedia menyebut perangkat ini sebagai sebuah ponsel smartphone lain di pasaran.

Peluncuran Surface Duo ini, Microsoft malah membuat kategori baru dalam perangkat mobil, yaitu dengan kelahiran perangkat berlayar ganda (smartphone lipat).

Lalu, seperti apakah bentuk perangkat ini? Seperti diketahui perangkat ini menggunakan konstruksi alumunium dengan dua lempengan kaca sebagai layar di bagian depan.

Layar 5,6 Inci

Surface Duo ini memiliki ukuran layar 5,6 inci. Akan tetapi, perangkat dua layar ini disebut memiliki bezel yang cukup tebal.

Selain itu, perangkat ini juga di lengkapi dengan speaker in-ear untuk melakukan panggilan telpon dan kamera selfie serta engsel penghubung 360 derajat yang bisa dipakai dalam beberapa bentuk.

Tampilan layarnya ketika dibuka mirip dengan tablet. Pengguna dapat menggunakan kedua layar tersebut sebegai panel layar besar. Saat pengguna ingin membuka dua jendela yang berbeda, kedua layar tersebut bisa digunakan secara terpisah.

Contohnya, pada salah satu layar pengguna menggunakan untuk meng-edit sebuah dokumen word, kemudian pada sisi layar yang lain pengguna bisa juga menonton video di YouTube atau browsing.

Perangkat Surface Duo ini juga bisa digunakan untuk menelpon. Agar mempermudahnya, engsel 360 derajat pada Surface Duo bisa dibuka, kemudian layar disisi kiri tidak akan aktif.

Android Perdana Microsoft

Dari pengalaman sebelumnya, tampaknya Microsoft belajar bahwa pengguna tidak begitu tertarik dengan smartphone dengan OS Windows.

Karena itu, Microsoft bekerja sama dengan Google untuk membawa OS Android ke perangkat mereka. Surface Duo ini menjadi perangkat pertama Microsoft yang menjalankan OS Android. Pihaknya pun melakukan beberapa penyusuaian visual terhadap Android pada Surface Duo dan tetap menginstal berbagai aplikasi Office-nya.

Untuk informasi tambahan, perangkat ini menggunakan prosesor Snapdragon 855 milik Qualcomm, tetapi bisa di-upgrade ke versi yang lebih baik ketika akan dirilis untuk konsumen.

Bagaimana Dengan Harganya?

Walaupun pihaknya sudah mengumumkan, smartphone layar ganda ini belum dapat dibeli dalam waktu dekat.

Surface Duo ini baru bisa dibeli pada tahun depan, yang bertepatan dengan momen Holiday 2020 season.

Meskipun begitu pihak Microsoft akan terus mengembangkan perangkat ini dalam waktu 12 bulan ke depan. Versi final perangkat ini rencananya akan dirilis untuk konsumen pada Oktober tahun depan.

Perihal harga pihaknya pun masih belum mengumumkan. Nampaknya harga smartphone ini tidak akan murah, bisa jadi lebih dari USD 1.000 atau lebih dari RP 14 juta.

Baca lebih banyak artikel terkait tentang Teknologi: https://www.indonesianupdates.com/category/tech/

Ikuti kami di Facebook dan tetap up to date dengan konten terbaru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *