Mon. Sep 23rd, 2019

Sayangi Jantung Anda, Mulai Konsumsi 7 Makanan Berikut yang Baik Untuk Kesehatan Jantung

Love Your Heart, Start Consuming The Following 7 Foods That Are Good For Heart Health

tomoto

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang mematikan di dunia. Orang yang berisiko terkena penyakit jantung disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah pilihan makanan. Setiap makanan yang dikonsumsi bisa memeberikan dampak pada kesehatan jantung. Salah pilih makanan bisa berdampak buruk pada jantung kita. Namun, ada sejumlah makanan memberikan manfaat dalam menjaga kesehatan jantung, berikut tujuh makanan diantaranya.

1. Sayuran hijau

Banyak sayuran hijau yang memiliki kandungan kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan diantaranya bayam, kangkung, dan sawi. Sayuran ini menjadi sumber vitamin K yang bermanfaat untuk melindungi arteri dan pembekuan darah.

Selain itu, sayuran hijau juga mengandung nitrat yang bermanffat bagi darah dalam tubuh seperti mengurangi tekanan darah, kekakuan arteri, dan meningkatkan fungsi sel yang melapisi pembuluh darah.

2. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh memiliki serat yang lebih tinggi ketimbang biji-bijian olahan, Biji-bijian utuh bisa didapat dari gandum utuh, beras merah, gandum hitam, dan quinoa. Kandungan yang terdapat di dalamnya bisa membantu mengurangi kolesterol jahat (LDL) sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

Sejumlah studi telah membuktikan bahwa biji-bijian dan gandum bermanfaat bagi kesehatan jantung. Sebuah analisis dari 45 studi menunjukkan bahwa makan tiga porsi biji-bijian secara rutin setiap hari berpengaruh terhadap risiko penyakit jantung 22 persen lebih rendah.

3. Buah beri

Stoberi, blueberi, raspberi merupakan keluarga beri yang mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan jantung.

Antioksidan yang terkandung dalam buah beri seperti anthocyanin, dapat melindungi jantung terhadap stres oksidatif dan peradangan. Berdasarkan studi yang dilakukan, bahwa makan buah beri dengan kuantiti yang cukup banyak bisa mengurangi beberapa faktor risiko penyakit jantung.

4. Alpukat

Tak semua lemak itu tidak baik. Salah satunya, lemak tak jenuh tunggal yang terdapat pada Alpukat, yang sehat untuk jantung. Mengkonsumsi alpukat dikaitkan dengan menurunnya kadar kolesterol, serta risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

Dikutip dari situs kesehatan Health Line, buah berkulit hijau dengan daging buah berwarna kuning ini kaya akan kalium yang penting bagi kesehatan jantung. Kandungan kalium pada satu buah alpukat yakni sebanyak 975 mg kalium. Angka ini sekitar 28 persen dari kebutuhan kalium per hari.

5. Ikan berlemak

Ikan berlemak kaya akan asam lemak omega-3, yang bisa didapat dari salmon, mackerel, sarden dan tuna. Asam lemak baik untuk menjaga kesehatan jantung. Berdasarkan studi yang dilakukan, bahwa makan salmon dengan porsi tiga kali seminggu dalam delapan pekan dapat membuat turun tekanan darah sistolik secara signifikan.

Selain itu, penelitian juga menemukan apabila konsumsi ikan berlemak berkurang, yakni setiap penurunan 3,5 ons atau 100 gram secara mingguan, dikaitkan dengan peningkatan risiko tambahan penyakit jantung sebesar 19 persen, seperti mengalami tekanan darah tinggi, diabetes atau obesitas.

6. Kacang kenari

Jenis kacang-kacangan satu ini merupakan sumber serat dan mikronutrien seperti magnesium, tembaga, dan mangan. Berdasarkan Penelitian, dengan memakan kacang kenari bisa mengurangi kolesterol LDL hingga turun 16 persen, serta mengurangi stres oksidatif dan peradangan.

7. Tomat

Buah berwarna merah yang biasa untuk lalapan ini mengandung likopen atau pigmen tumbuhan alami dengan sifat antioksidan yang kuat. Antioksidan pada tomat ini bisa membantu menetralisir radikal bebas berbahaya.

Studi menunjukkan kadar likopen yang rendah dalam darah dihubungkan dengan adanya peningkatan risiko serangan jantung dan stroke. Selain itu, ulasan dari 25 studi juga menyimpulkan dengan menerima asupan makanan yang kaya akan likopen bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Share On

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *