Sengketa Kapal China Masuk Teritori Natuna, TNI Menolak Terpancing Provokasi

Chinese Ship Dispute Entering Natuna Territory, TNI Refuses Provoked Provocation

Foto Seputar kapal Tiongkok memasuki perairan Natuna, Pulau Riau

Mengenai kapal-kapal Tiongkok yang memasuki perairan Natuna, Kepulauan Riau

Soal kapal-kapal China yang memasuki teritori Perairan Natuna, Kepulauan Riau, TNImenegaskan tidak akan terpancing dengan provokasi dari mereka.

Menurut pernyataan Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen TNI Sisriadi, bahwa pihaknya melakukan operasi pengamanan di Natuna sesuai prosedur hukum internasional.

“TNI dalam hal Ini TNI AL dan AU yang melakukan operasi di sana melakukan prosedur-prosedur yang sudah disepakati internasional. Intinya di situ. Jadi kita tidak ingin terprovokasi,” ujar Sisriadi bertempat diMabes TNI, Senin (6/1).

Lebih lanjut Sisriadi mengatakan bahwa TNI mengetahuijika kapal-kapal China berupaya melakukan provokasi agar melanggar hukum laut internasional. Untuk itu, Sisriadi menilai Indonesia akan rugi jika sampai terpancing provokasi. Sebab bisa jadi nantinya malah Indonesia yang disalahkan secara internasional.

Sebagaimana diberitakan, TNI telah mengerahkan lima kapal tempur dan satu pesawat intai ke perairan Natuna. Operasi tersebut dipimpin oleh Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksdya TNI Yudo Margono.

Lewat keterangan tertulis Laksdya Yudo, Jumat (3/1/2020), menyebutkan operasi siaga tempur ini dilaksanakan oleh Koarmada1 dan Koopsau 1. Alutsista yang digunakan, yaitu tiga KRI, satu pesawat intai maritim, dan satu pesawat Boeing TNI AU. Dua KRI lainnya masih dalam perjalanan dariJakartamenuju Natuna.

Laksdya Yudo mengatakan, operasi tersebut digelar guna melaksanakan pengendalian wilayah laut khususnya di Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) laut Natuna Utara.

Dengan adanya polemik Natuna saat ini, wilayah NatunaUtara menjadi perhatian bersama. Untuk itu operasi siaga tempur, salah satu dari 18 operasi Kogabwilhan I, diarahkan ke Natuna Utara mulai tahun 2020

Baca lebih banyak artikel terkait tentang Bangsa: https://www.indonesianupdates.com/category/nation/

Ikuti kami di Facebook dan tetap up to date dengan konten terbaru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *