Serangan Balasan, Iran Tembakkan 9 Roket dan PuluhanRudal ke Pangkalan AS di Irak

Counterattack, Iran fires 9 rockets and dozens of missiles at US bases in Iraq

Foto Iran menembakkan 9 roket dan puluhan rudal di pangkalan AS

Sebanyak sembilan serangan roket mendarat di pangkalan tentara Amerika Serikat di pangkalan udara Ain al-Asad Irak, Rabu pagi

Sebanyak sembilan serangan roket mendarat di basis tentara Amerika Serikat (AS) di pangkalan udara Ain al-Asad Irak pada Rabu pagi (8/1/2020). Iranmengaku bahwa mereka berada di balik serangan tersebut.

Menurut laporan media pemerintah, bahwa Iran telah meluncurkan puluhan rudal ke pangkalan tersebut. Mereka juga berjanji bakal melancarkan gempuran yanglebih dahsyat.

Sebagaimana informasi yang dikutip dariAFP, serangan tersebut merupakan respons atas kematian perwira tinggi militer Iran Mayor Jenderal Qasem Soleimani dan komandan tinggi Irak Abu Mahdi al-Muhandis yang diserang menggunakan drone MQ-9 Reaper oleh AS di Baghdad pada Jumat lalu (3/1/2020).

Menurut sejumlah sumber keamanan menyebutkan, bahwa serangan Iran itu diluncurkan sebanyak tiga kali tepat lepas tengah malam.

Sementara, Kementerian Pertahanan AS atau Pentagon pun mengakui Iran telah menembakkan puluhan rudal ke Ain al-Asad serta instalasi lain yang menampung pasukan AS dan koalisi di dekat Arbil.

Pentagon mengatakan para tentara di pangkalan telah siaga tinggi selama berhari-hari untuk menghadapi serangan yang datang dari negara seterunya itu.

Selain telah memantau situasi di Irak, Presiden AS Donald Trump juga berkonsultasi dengan tim keamanan nasional terkait serangan yang menghantam basis pasukan AS itu.Ini menjadi bentuk serangan balik setelah faksi pro-Teheran di Irak yang berjanji untuk bergabung dalam membalas pembunuhan Soleimani dan Muhandis pekan lalu.

Seperti diketahui, Soleimani merupakan pemimpin Pasukan Quds, pasukan elite militer Iran sejak 2001 dan dianggap sebagai “godfather” dari jaringan proxy Teheran di seluruh Timur Tengah. Sedangkan Muhandis merupakan salah satu penasihat utama wakil kepala jaringan militer Irak Hash al-Shaabi.

Banyak faksi di dalam Hash yang memutuskan bergabung dengan Irak dan memiliki hubungan dengan Teheran. Salah satu faksi garis keras, kelompok Harakat al-Nujaba, pada Selasa mengeluarkan ancaman terberatuntuk membalas kematian Soleimani.Diketahui dalam beberapa bulan terakhir, fasilitas AS di Irak telah menghadapi sekitar 15 serangan roket. Akan tetapi, belum ada yang bertanggung jawab atas serangan tersebut

Baca lebih banyak artikel terkait tentang Politik: https://www.indonesianupdates.com/category/international/

Ikuti kami di Facebook dan tetap up to date dengan konten terbaru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *