Soal Wacana Penghapusan Ujian Nasional, Mendikbud Nadiem Sebut Sedang Dikaji

Regarding the Discourse on the Elimination of National Examinations, the Minister of Education and Culture Nadiem Called Being Reviewed

Foto Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim memberikan pernyataan bahwa partainya sedang mempelajari masalah ini

 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim memberikan pernyataan bahwa partainya sedang mempelajari masalah ini

Muncul wacana terkait penghapusan Ujian Nasional (UN). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memberi pernyataan bahwa pihaknya tengah mengkaji hal tersebut. Akan tetapi, Nadiem belum memberi penjelasan lebih jauh hasil kajian tersebut.

“Itu (penghapusan UN) yang sedang kami kaji. Ditunggu kabarnya,” kata Nadiem di Ballroom The Ritz-Carlton Hotel Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (28/11/2019).

Disamping itu, pendiri perusahaan rintisan Gojek itu mengatakan Kemendikbud saat ini tengah berupaya menciptakan kesinambungan antara sistem pendidikan dan dunia industri seperti apa yang diarahkan oleh Presiden Jokowi.

“Untuk mencapai itu, ada beberapa hal yang satunya adalah deregulasi dan debirokratisasi dari semua instansi unit pendidikan. Makanya platformnya yang kami sebutkan itu merdeka belajar,” kata dia.

Menurut Nadiem, seharusnya ada penyederhanaan dari sisi kurikulum maupun asesmen agar lebih mengutamakan kompetensi. Sebab pembelajaran sekarang dianggap kebanyakan hanya sekadar menghafal.

“Itu suatu perubahan yang akan kita terapkan dan kita sempurnakan,” sebutnya. Sementara itu, Nadiem menyebut kualitas sumber daya manusia (SDM) pendidik baik di tingkat vokasi maupun di unit pendidik tingkat SMA, SMA, dan SD perlu ditingkatkan. Hal itu mengarah pada pelatihan peningkatan dan penyederhanaan hidup para pendidik.

Baca lebih banyak artikel terkait tentang Bangsa: https://www.indonesianupdates.com/category/nation/

Ikuti kami di Facebook dan tetap up to date dengan konten terbaru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *