Soroti Kawasan ZEE, Puan Minta Patroli Armada di Natuna Ditingkatkan

Highlighting the ZEE Area, Puan Asks Fleet Patrol in Natuna to be Increased

Foto Puan Meminta Patroli Armada di Natuna akan Ditingkatkan

Puan Minta Patroli Armada di Natuna Ditingkatkan

Soal polemik Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) yang tengahbergulir, Ketua DPR RI Puan Maharani mengimbau kepada pemerintah agar menambah armada kapal untuk melakukan patroli di kawasan tersebut.

Di samping itu, Puan berharap agar Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL), TNI Angkatan Udara (AU), dan Kepolisian Perairan (Polair) ikut meningkatkan patroli di wilayah laut Indonesia dengan cara memperkuat coast guard (penjaga pantai). Menurutnya, hal itu penting untuk menjaga kedaulatan wilayah Indonesia.

“Sehingga (wilayah Indonesia) dapat terjaga dan dapat mendampingi kapal-kapal nelayan milik Indonesia, terutama di Natuna,” begitu pernyataan tertulis Puan seperti dikutip dari Republika, Senin (6/1).

Puan menuturkan, wilayahperairan Natunamerupakan kedaulatan Republik Indonesia yang wajib dipertahankan. Hal ini sebagaimana dengan penetapan wilayah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) di Natuna berdasarkan perjanjian internasional (UNCLOS tahun 1982).

Oleh karenanya, Puan menegaskan bahwa klaim oleh China secara sepihak itu tidaklah dibenarkan. Juga, tak ada alasan bagi Indonesia untuk membiarkan wilayahnya diklaim negara lain.

“Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok harus menghormati hukum internasional seperti tertuang dalam UNCLOS 1982 dimana Republik Rakyat Tiongkok adalah salah satu anggotanya,” ucap Puan.

Ia mendesak agar pemerintah RI bisa bertindak tegas untuk mengusir kapal-kapal China yang memasuki perairan Indonesia. Namun, Puan berharap diplomasi dama lebih dikedepankan.

Sedangkan soal praktek pencurian ikan, Puan meminta agar pemerintah melakukan evaluasi secara berkala terhadap kebijakan dan sanksi terkait Illegal Unreported Unregulated Fishing (IUUF). Pemberian sanksi tegas perlu dilakukan terhadap pelaku IUUF di perairan Indonesia, menurutnya, agar memberikan efek jera

Baca lebih banyak artikel terkait tentang Politik: https://www.indonesianupdates.com/category/political/

Ikuti kami di Facebook dan tetap up to date dengan konten terbaru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *