Prabowo Raih Banyak Suara di Qatar, Koalisi Parpol Islam Jadi Faktor

Prabowo Wins Many Votes in Qatar, Coalition of Islamic Political Parties Becomes a Factor

Prabowo with people

Kemenangan diraih oleh kandidat nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di tempat pemungutan suara (TPS) mayoritas negara di Timur Tengah.
Pengamat masalah Timur Tengah dari Universitas Indonesia (UI) Yon Machmudi menyoroti adanya kedekatan kultural antara kelompok penganut Islam di Timur Tengah dengan pendukung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) selaku parpol islam koalisi dari Prabowo-Sandiaga di pemilu 2019.
Kedekatan kultural itu diyakini menjadi faktor kuatnya suara bagi Prabowo-Sandiaga yang diusung PKS di Timur Tengah. Sementara dari sisi petahana, dukungan bagi parpol islam lain dan Jokowi-Ma’ruf tak sekuat itu.Penyebabnya karena kultur kelompok Islam di Timur Tengah yang tak dekat dengan tipikal pendukung kandidat nomor urut 01.
Pada pemungutan suara di Doha, Qatar Prabowo-Sandiaga memperoleh 2.632 suara. Perolehan itu jauh di atas Jokowi-Ma’ruf yang hanya sebesar 1.494 suara.
PPLN Doha mencatat jumlah pemilih mencapai 12.873 orang. Namun, yang menggunakan hak pilihnya hanya 4.146 pemilih. Terdapat surat suara tidak sah sebanyak 20 suara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *