Sungai Bengawan Solo Masih Tercemar, PDAM Blora Berhenti Operasi Selama Dua Hari

Bengawan Solo River Still Polluted, Blora PDAM Stopped Operation for Two Days

Foto Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Amerta di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, telah berhenti beroperasi

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Amerta di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, telah berhenti beroperasi

Hingga Rabu (27/11), Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Amerta di Kabupaten Blora, Jawa Tengah masih berhenti beroperasi. Hal ini disebabkan karena PDAM tidak dapat memproduksi air baku yang berasal dari sungai Bengawan Solo.

Diketahui sungai Bengawan Solo tercemar oleh polutan sejak Minggu (24/11). Direktur PDAM Tirta Amerta, Yan Riya Purnomo mengatakan bahwa pihaknya sudah tidak beroperasi sejak Selasa (26/11).

“Hari ini sementara masih off,” ujar Yan, Rabu (27/11).

Dilansir dari akun resmi media social PDAM Tirta Amerta, polutan yang mencemari air Bengawan Solo kepekatan warnanya hingga 1.300 tcu. Hal ini mengakibatkan PDAM sulit untuk mengolah air baku, yang nantinya akan disalurkan kepada warga.

Meski sebelumnya PDAM sempat mencoba menggunakan metode lumpur dan bahan kimia guna meminimalisir pencemaran air, akan tetapi hal tersebut tetap gagal. Hal ini tak lepas dari tingginya kepekatan polutan yang mencemari sungai tersebut.

Sementara itu, setiap bulannya PDAM Tirta Amerta membayar secara rutin kepada Perum Jasa Tirta (PJT) I, sebagai pengelola Sungai Bengawan Solo. PDAM Tirta Amerta membayar sebesar Rp 17 juta tiap bulannya. PJT I adalah perusahaan BUMN yang fokus pada pengelolaan air dan sumber-sumber air, serta wilayah daerah aliran sungai.

Dugaan Yan penyebab polutan yang mencemari sungai Bengawan Solo datang dari pembuangan limbah yang langsung dibuang ke sungai tanpa melewati Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL). Akibat tercemarnya sungai Bengawan Solo, PDAM Tirta Amerta pun mengalami kerugian finansial saja. Disamping itu, pihaknya juga mendapat banyak komplain yang membuat buruk di mata pelanggan.

Baca lebih banyak artikel terkait tentang Bangsa: https://www.indonesianupdates.com/category/nation/

Ikuti kami di Facebook dan tetap up to date dengan konten terbaru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *