Mon. Sep 23rd, 2019

Surat Presiden Jokowi Terkait Revisi UU MD3 Telah Diterima DPR

President Jokowi’s Letter Regarding Revision of MD3 Law Has Been Received by the DPR

Firman Soebagyo

Surat Presiden (Surpres) dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang ditunggu oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) terkait rencana revisi Undang-undang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3) sudah diterima. Langkah selanjutnya adalah pembahasan surat tersebut yang digelar dalam rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPR.
Anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR Firman Soebagyo berlokasi Kompleks Parlemen RI, Senayan, Jakarta pada Rabu (12/9) mengatakan Surpres sudah diterima sampai ke pimpinan DPR dan akan dibawa ke Bamus. Nantinya keputusan dari rapat itu akan ditetapkan siapa yang akan membahas antara pemerintah dengan Dewan.

Firman mengaku belum mengetahui secara details isi dari Surpres tersebut. Namun, inti dari surat tersebut menyatakan bahwa Jokowi setuju terhadap revisi UU MD3, di mana salah satu poinnya soal penambahan pimpinan MPR.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa ia tak melihat persetujuan dalam penambahan pimpinan MPR bukan merupakan upaya untuk memuluskan Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN), yang sebelumnya diusulkan oleh PDIP.
Dia menilai mengenai pembahasannya, revisi UU MD3 dapat segera diselesaikan dengan cepat jika semua fraksi dan pemerintah sudah punya satu skap yang sama terkait hal tersebut.
Diberitakan sebelumnya, dalam rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sebagai usul inisiatif badan legislatif tersebut menetapkan revisi Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2018 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD atau UU MD3. Para anggota DPR menyetujui ketika diminta oleh Wakil Ketua DPR Utut Adianto selaku pemimpin sidang untuk menyampaikan secara tertulis terhadp pandangan fraksi-fraksi mengenai revisi UU MD3.

Dalam rancangan revisi UU MD3 tersebut, terdapat sejumlah poin penting tentang Pimpinan MPR. Salah satu poinnya ialah penambahan pimpinan MPR menjadi sepuluh orang, yang terdiri satu ketua dan sembilan wakil ketua.

Share On

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *