Tambah Alutsista, Indonesia Bakal Beli Pesawat Angkut Militer MV-22 Osprey Senilai $2 Miliar

Alutsista

Tambah Alutsista, Indonesia Bakal Beli Pesawat Angkut Militer MV-22 Osprey Senilai $2 Miliar

Indonesia akan memperkuat pertahanan militernya dengan menambah alat utama sistem pertahanan (Alutsista) setelah diketahui Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) menyetujui untuk mendatangkan delapan pesawat angkut militer jenis MV-22 Osprey, sebagaimana dikonfirmasi Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan (DSCA).

Total biaya pembelian Indonesia untuk helikopter / pesawat hybrid beserta peralatan terkait diperkirakan mencapai $ 2 miliar atau sekitar Rp 28,76 triliun, kata DSCA.

DSCA juga menyebutkan Indonesia hendak membeli sejumlah alutsista antara lain 24 AE 1107C Rolls Royce Engine, 20 Sistem Peringatan Rudal AN/ AAR-47, dan 20 Machine Guns GAU-21. Pembelian itu juga meliputi pelatihan personel, peralatan pelatihan, hingga dukungan teknis lainnya.

Penjualan pesawat oleh AS ini, merupakan bagian dari program penjualan persenjataan skala besar AS untuk lima negara senilai total US$ 75 miliar. Jika terealisasi, maka Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan menjadi kekuatan militer kedua di luar AS yang menggunakan MV-22 Osprey, setelah Jepang

“Penjualan ini akan mendukung tujuan kebijakan luar negeri dan keamanan nasional AS dengan meningkatkan kemampuan pertahanan mitra regional kawasan Asia Pasifik bagi stabilitas politik dan kemajuan ekonomi. Sangat penting bagi AS untuk membantu Indonesia dalam mengembangkan pertahanan yang kuat dan efektif”, tulis DCSA, dalam keterangan resminya.

DCSA juga menyebutkan, dengan wilayah lebih dari 17.000 pulau, maka kehadiran MV-22 Osprey juga akan meningkatkan kemampuan Indonesia menangani bencana dan mendukung operasi militer. AS pun yakin, Indonesia tidak akan kesulitan menyerap delapan pesawat ini dalam jajaran alutsista yang dimiliki saat ini.

Baca lebih banyak artikel terkait tentang National:
https://www.indonesianupdates.com/category/nation/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *