Vonis Hakim Terhadap Romahurmuziy Kaitkan Nama Lukman Hakim, KPK Akan Pelajari Lebih Lanjut

Judge’s Verdict Against Romahurmuziy Associates the Name of Lukman Hakim, KPK Will Learn More

Foto Ketua PPP PPP Muhammad Romahurmuziy

Putusan Hakim Terhadap Romahurmuziy Mengaitkan Nama Lukman Hakim

Dalam persidangan kasus suap mantan Ketua Umum PPP Muhammad Romahurmuziy alias Romi, hakim mengaitkan nama mantan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Untuk itu Komisi Pemberantasan Korupsi(KPK) akan mempelajari vonis yang mengungkap peran Lukman Hakim dalam kasus suap jual beli jabatan di Kemenag.

“Terkait itu (peran Lukman) tentunya bagian dari yang kami pelajari,” kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri bertempat di Gedung KPK, Kuningan,JakartaSelatan, Senin (20/1/2020) malam.

Ali mengatakan kalau tak menutup kemungkinan pihaknya akan melakukan penyidikan baru dalam kasus ini. Dalam kasus ini, Ali menyinggung penerapan Pasal 55 UU Tipikor dalam vonis Romi.

Untuk diketahui, Pasal 55 UU Tipikor ini berkaitan dengan orang yang turut serta melakukan tindak pidanakorupsijuga dipidana dengan ancaman pidana yang sama dengan pelaku tindak pidana korupsi. Untuk itu, menurut Ali jika nantinya jelas terbukti, Lukman yang saat ini posisinya sebagai saksi ada kemungkinan dilakukan penyidikan lebih lanjut.

Dia menegaskan, selama masih ada pihak yang harus mempertanggungjawabkan perbuatannya, maka KPK tak tinggal diam. Ditambah lagi, dugaan keterlibatan Lukman yang tertuang dalam tuntutan jaksa diperkuat oleh vonis hakim.

Sebagaimana diberitakan, majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta menyatakan Lukman Hakim Saifuddin, terbukti menerima Rp 70 juta dari eks Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur Haris Hasanudin.

Adapun uang itu terkait jabatan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur yang diincar Haris. Hingga akhirnya Haris bisa menduduki jabatan tersebut atas bantuan Lukman dan Romi.

Vonis telah ditetapkan terhadap Romi, yakni vonis 2 tahun dan denda Rp 100 juta subsider 3 bulan kurungan. Menrut penilaian hakim, Romi dan Lukman terbukti bersama-sama membantu memudahkan Haris Hasanudin dalam seleksi jabatan Kakanwil Kemenag Jatim

Baca lebih banyak artikel terkait tentang Bangsa: https://www.indonesianupdates.com/category/nation/

Ikuti kami di Facebook dan tetap up to date dengan konten terbaru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *