Wahyu Setiawan Kena OTT KPK, DPR Bakal Evaluasi Rekrutmen Komisioner KPU

Wahyu Setiawan Hit the OTT KPK, DPR Will Evaluate the Recruitment of KPU Commissioners

Foto DPR Akan Mengevaluasi Rekrutmen Komisaris KPU

DPR Akan Mengevaluasi Rekrutmen Komisaris KPU

Menanggapi soal penangkapan Komisioner KPU Wahyu Setiawan melalui Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Anggota Komisi II DPR dari FraksiGerindraKamrussamad mengungkapkankeprihatinannya. Ia menyebut peristiwa tersebut telah mencoreng demokrasi Indonesia.

“Kita Prihatin atas Penangkapan OTT komisioner KPU ini sungguh sangat mencoreng dunia demokrasi kepemiluaan kita,” ujar Kamrussamad, Kamis (9/1/2020).

Lebih lanjut Kamrussamad mengatakan, peristiwa OTT terhadap Wahyu Setiawan ini menunjukkan bahwa politik uang bukan hanya terjadi dalam pemilu, yang mencakup pemilu legislatif (pileg) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Tapi, politik uang juga bisa terjadi dalam Pelaksanaan kebijakan kepemiluaan.

Kamrussamad mengatakan ke depannya Komisi II akan melakukan evaluasi terhadap kriteria calon komisioner dalam proses rekrutmen. Salah satu pertimbangan dalam penentuan calon komisioner adalah standar moral.

Selanjutnya, ia pun meminta KPU tetap berfokus pada proses persiapan Pilkada serentak, yang akan berlangsung pada September mendatang.

“KPU mesti segera move on dan kembali fokus menyiapkan Pilkada serentak,” ucapnya.

Adapun mekanisme pemilihan komisioner KPU dilakukanmelalui seleksi panitia seleksi (Pansel) yang berbarengan dengan anggota Bawaslu. Nama-nama yang terkumpul dan telah mengerucut, kemudian dibawa ke DPR untuk selanjutnya dilakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test). Ujian ini dilakukan oleh Dewan, melalui Komisi II yang membidangi pemerintahan. Setelahnya, anggota KPU serta Bawaslu dipilih melalui pemungutan suara

Baca lebih banyak artikel terkait tentang Politik: https://www.indonesianupdates.com/category/political/

Ikuti kami di Facebook dan tetap up to date dengan konten terbaru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *