Warga Tasikmalaya Masih Butuh Distribusi Air Bersih Meski Kemarau Sudah Lewat

Tasikmalaya Residents Still Need Distribution of Clean Water Even though Drought Has Been Past

Foto warga Tasikmalaya, Jawa Barat masih kekurangan air bersih

Warga Tasikmalaya, Jawa Barat masih kekurangan air bersih

Meski musim kemarau sudah berakhir dan hujan sudah mulai turun beberapa hari lalu, warga Tasikmalaya, Jawa Barat masih kekurangan air bersih. Bahkan hingga saat ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya masih mengirimkan bantuan air bersih untuk warga yang terkena dampak kekeringan.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Tasikmalaya, Ucu Anwar mengatakan, hampir seluruh kecamatan di Tasikmalaya masih meminta bantuan air bersih.

Dirinya juga menambahkan, memasuki akhir bulan Oktober dan awal bulan November ini musim kemarau sudah berakhir. Hal ini dibuktikan dengan turunnya hujan dengan intensitas rendah sudah mulai turun di wilayah Kota Tasikmalaya.

Meskipun hujan sudah mulai turun, rupanya masih belum dapat mengisi sumber air di permukiman penduduk. Sehingga masyarakat masih membutuhkan bantuan air bersih.

Pihaknya juga menyampaikan bahwa BPBD akan terus mengirimkan bantuan air bersih untuk warga Tasikmalaya, meski penetepan status darurat kekeringan sudah berakhir sejak 31 Oktober 2019 lalu.

Beberapa daerah yang mengalami kekeringan cukup parah, antara lain Kecamatan Mangkubumi, Kawalu, Purbaratu, dan Tamansari. Daerah tersebut disebutkan masih membutuhkan pasokan air bersih. Disisi lain, hingga saat ini BPBD Kota Tasikmalaya telah mengirimkan bantuan air bersih sebanyak lebih dari enam juta liter atau tiga kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Pada tahun 2018 lalu BPBD hanya mengirimkan air bersih sebanyak 2,3 jutaan liter air.

Baca lebih banyak artikel terkait tentang Bangsa: https://www.indonesianupdates.com/category/nation/

Ikuti kami di Facebook dan tetap up to date dengan konten terbaru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *