Warga Xinjiang Dinyatakan Lulus dari Kamp

Xinjiang Residents Declared Graduated from Camp

Foto Gubernur Xinjiang Shohrat Zakir

Gubernur Xinjiang Shohrat Zakir mengatakan menghadapi kondisi serius dengan terorisme, Amerika Serikat

Kabar warga Xinjiang yang disebut-sebut mengikuti pelatihan dinyatakan sudah lulus. Hal ini disampaikan oleh Gubernur Xinjiang Shohrat Zakir, Senin (9/12) yang menyebut warga tersebut juga hidup berbahagia. Ia justru menuduh ketika warga Xinjiang menghadapi kondisi serius dengan terorisme, Amerika Serikat (AS) malah menutup telinga.

“Sebaliknya, sekarang masyarakat Xinjiang terus berkembang dan orang-orang dari semua etnis dan bekerja dalam damai, AS merasa tidak nyaman, dan menyerang serta memfitnah Xinjiang,” ujar Zakir lewat konferensi pers yang digelar.

Sebagaimana diketahui, warga Uighur dan etnis minoritas Muslim dari wilayah tersebut dilaporkan ditahan di kamp dan penjara. Laporan penahanan sewenang-wenang itu pun datang langsung dari mereka yang anggota keluarganya ditahan.

Pihak berwenang China berdalih dan menggambarkan penahanan sebagai bentuk pelatihan kejuruan. Akan tetapi, terdapat dokumen rahasia yang baru-baru ini bocor ke konsorsium organisasi berita. Dokumen itu mengungkapkan strategi yang disengaja untuk menekan etnis minoritas, walaupun warga tersebut tidak melakukan kejahatan.

Sementara, ketua Partai Komunis kota Urumqi, ibu kota Xinjiang, Xu Hairong tidak membantah keaslian akan dokumen tersebut. Meski begitu, ia menyatakan, bagaimanapun, tak ada yang namanya “kamp tahanan”.

Xu mengatakan apa yang diberitakan media asing merupakan upaya untuk mencoreng dan mendiskreditkan pusat-pusat pendidikan kejuruan Xinjiang dan upaya anti-terorisme dan deradikalisasi.

Dilain pihak, AS merilis Undang-Undang Uighur yang mengutuk penahanan massal terhadap lebih dari 1 juta warga yang mencakup warga Uighur, Kazakh, dan lainnya. Kemungkinan sanksi pun bisa muncul terhadap pejabat pemerintah China yang dianggap bertanggung jawab atas pelanggaran HAM di Xinjiang. 

Baca lebih banyak artikel terkait tentang Politik: https://www.indonesianupdates.com/category/international/

Ikuti kami di Facebook dan tetap up to date dengan konten terbaru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *