ZEE Sudah ‘Bersih’, TNI: Kapal China Pergi Usai Kunjungan Jokowi ke Natuna

ZEE is ‘Clean’, TNI: Chinese Ship Goes After Jokowi’s Visit to Natuna

Foto Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia

Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia di perairan Nusa Tenggara Utara kini 'bersih' dari penyelundup

Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia di perairanNatunaUtara kini telah ‘bersih’ dari penyelundup. Hal ini disampaikan oleh Kepala Pusat Penerangan Mabes TNI, Mayor Jenderal Sisriadi yang memastikan kapal-kapal nelayan berbenderaChinabersama kapal Coast Guard-nya sudah keluar dari wilayah Indonesia tersebut. Mereka pergi setelah PresidenJoko Widodo(Jokowi) bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto berkunjung ke sana.

“Dengan amatan dari TNI AU melalui udara, mereka artinya kapal-kapal China yang melakukan ilegal fishing sudah keluar dari ZEE kita pasca kunjungan presiden ke Natuna,” ungkap Sisriadi bertempat di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (9/1).

Sisriadi menjelaskan bahwa kunjungan Jokowi ke Natunatersebut memberikan pesan tegas ke pemerintah China di Beijing terkait konflik di perairan Natuna.

Kunjungan Jokowi itu, sebut Sisriadi, kemudian disambutdengan cermat oleh pemerintah China.Ia pun kembali menegaskan sudah tak lagi kapal-kapal China, sudah meninggalkan wilayah ZEE.

Adapun tugas TNI di perairan Natuna, sebut Sisriadi, ialah sekadar membantu tugas diplomasi yang dilakukan pemerintah terhadap pemerintah China. Sebagai salah satu bentuk tugas yang kerap dilakukan personel TNI yakni pengusiran terhadap para nelayan berbendera China keluar dari ZEE Indonesia di perairan Natuna.

“Artinya kita bertindak sesuai prosedur mengusir mereka. Berulang-ulang dan tak pernah capek,” ucapnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi bersama rombongan berkunjung ke Natuna, Rabu (8/1). Langkah itu dilakukan usai konflik dengan China di perairan Natuna Utara kian memanas dan menimbulkan kegaduhan di masyarakat.

Pada saat kunjungannya,Jokowi menegaskan bahwa Indonesia memiliki hak berdaulatterhadap sumber dayalaut yang masuk teritori Natuna Utara. Ia juga menggarisbawahi bahwa Natuna merupakan bagian dariNKRI

Baca lebih banyak artikel terkait tentang Bangsa: https://www.indonesianupdates.com/category/nation/

Ikuti kami di Facebook dan tetap up to date dengan konten terbaru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *